Macam Vitamin Untuk Orang Tua Agar Tetap Sehat

Macam Vitamin Untuk Orang Tua Agar Tetap Sehat

Read Time:2 Minute, 3 Second

Walaupun telah memasuki usia lansia, orangtua pun memerlukan vitamin untuk orang tua. Tujuannya adalah untuk memastikan agar nutrisi yang diperlukan oleh tubuh tetap diperoleh dengan dan maksimal. Sebab orang tua pun tetap harus bergerak Lakukan aktivitas sederhana agar tetap sehat.

Macam Vitamin Untuk Orang Tua

Ada banyak macam vitamin untuk orang tua yang sangat penting karena dapat membantu untuk menjaga kesehatannya agar tetap aktif dan mandiri.  semuanya dapat terpenuhi dari berbagai macam asupan makanan sehari-hari. Jika perlu Anda dapat memberikan tambahan suplemen yang sesuai dengan saran tenaga kesehatan.

Vitamin B6

Salah satu fungsi vitamin B6 pada lansia adalah untuk membantu manusia mempertahankan daya ingatnya. Sehingga tidak cepat pikun dan mencegah terjadinya demensia. Sumber alaminya adalah hati sapi dan ayam,  tuna, mackerel, sarden, dan salmon.

Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan tubuh mengalami anemia, gangguan syaraf, dan kesemutan. Salah satu sumber vitamin B12 adalah daging-dagingan baik Sapi maupun ayam. Ada dapat memberikan sajian makanan ini agar manusia dapat memperoleh asupan vitamin B12 dari sumber alamiah.

Vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai salah satu nutrisi yang dapat mendukung mekanisme pertahanan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Oleh karena daya tahan tubuh manusia sudah mulai menurun maka tetap harus dijaga asupan vitamin C ini. Dengan demikian tubuh lansia tetap sehat dan dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Sumber vitamin C sangat banyak dan tersedia pada berbagai macam buah-buahan yang cukup lunak. Anda dapat memberikan mangga, jeruk, nanas, atau buah berdaging lunak agar dapat dikunyah dan dicerna oleh gigi geligi.

Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh lansia,  terutama bagi mereka yang kurang terpapar sinar matahari.  Sehingga bisa mengakibatkan terjadinya kekurangan vitamin D di dalam tubuh. Pada umumnya dosis yang diperlukan oleh lansia adalah sebesar 10 mikrogram per harinya.

Selain dari suplemen vitamin D  dan paparan sinar matahari pagi selama 10 sampai 15 menit, terdapat cara lain untuk mendapatkannya. Anda dapat memberikan kecukupan vitamin D melalui susu dan yogurt.

Vitamin D di dalam tubuh memiliki fungsi yang cukup besar bagi lansia yaitu untuk menjaga kepadatan tulang serta massa otot. Selain itu pula dapat berfungsi untuk mempertahankan imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Akan lebih baik jika vitamin untuk orang tua diperoleh dari berbagai macam sajian segar yang diolah dari bahan baku alaminya. Karena selain memperoleh nutrisi itu juga akan mendapatkan serat yang diperlukan untuk kesehatan saluran cerna. Namun jika itu belum tercapai, tentu akan jauh lebih baik jika berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang akan memberikan saran profesional.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Apa Itu CSV: Kunci Keberhasilan yang Harus Diterapkan Previous post Apa Itu CSV: Kunci Keberhasilan yang Harus Diterapkan
Ibu Harus Tahu! Begini Cara yang Tepat untuk Menyeduh Susu Bubuk Next post Ibu Harus Tahu! Begini Cara yang Tepat untuk Menyeduh Susu Bubuk