Cara membuat kopi hitam yang enak

Cara membuat kopi hitam yang enak

Read Time:2 Minute, 2 Second

Resep kopi enak terutama kopi hitam merupakan salah menu kopi yang paling istimewa yang sering di sajikan di manapun berada, mulai dari di rumah, cafe, warung kopi semuanya ada dan memiliki ciri khas tersendiri setiap tempatnya. Dengan memilih menu kopi hitam maka bersiaplah menikmati cita rasa sejati dari kopi berkualitas tanpa adanya bahan lain yang di tambahkan di dalamnya seperti coklat, susu dan gula.

Meskipun terdengar sepele, pada prakteknya membuat kopi hitam setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Bahkan banyak para istri yang frustasi mengapa kopi hitam buatannya tidak seenak kop hitam di kedai kopi?

Oleh sebab itu berikut ini adalah kisi-kisi untuk mempermudah dalam membuat kopi hitam yang enak sesuai standar minum kopi enak dengan takaran yang pas yang bisa ibu buat di rumah untuk suami tercinta agar betah ngopi di rumah selama pandemi Covid 19 ini.

Berikut langkah demi langkahnya

  1. Air panas

Gunakan air yang sudah di panaskan untuk membuat kopi. Lebih baik gunakan air yang memang memiliki rasa seperti air mineral atau langsung gunakan air mineral saja.

  1. Bubuk kopi

Pilih bubuk kopi terbaik ataupun pilih berdasarkan kesukaan suami atau yang terlaris. Jika beli bubuk kopi anda bisa membuat pertanyaan seperti “Bang beli bubuk kopi yang enak dong!” dan “Bang beli bubuk kopi yang paling laris apa ya?” Biasanya meski kedua hal tersebut memiliki konotasi yang sama tapi bubuk kopi yang di tawarkan akan berbeda antara yang laris dan yang enak.

Apabila sudah selesai memilih bubuk kopi. Proses penyeduhan kopi sebaiknya menggunakan api yang kecil dan aduk hingga rata bubuk kopinya secara perlahan agar hasilnya maksimal.

  1. Saring

Proses penyaringan ampas kopi ini sebenarnya opsional tergantung dari selera. Pada proses penyaringan jarak antar gelas dan saringan sebaiknya cukup tinggi agar aromanya keluar secara maksimal.

  1. Cangkir keramik

Kenapa harus cangkir keramik yang digunakan? Alasannya sederhana yaitu cangkir keramik mampu menjaga kopi tetap panas lebih lama di bandingkan cangkir berbahan plastik ataupun kaca.

  1. Aduk

Meskipun kopi sudah di saring, ketika di masukan kedalam cangkir agar semakin enak dan beraroma maka aduklah kembali kopi tersebut.

Agar rasa kopi yang di hasilkan lebih nikmat, pilih bubuk kopi yang baru di sangrai dan digiling belum lama agar aromanya lebih fresh dan rasanya lebih kuat.

Penyimpanan serbuk kopi sebaiknya ditempat yang kedap udara seperti di dalam toples kaca. Bagi yang sudah sering nongkrong di café yang memang khusus menu kopi maka akan tidak asing dengan kopi yang di simpan di dalam toples. Ini berfungsi untuk menjaga cita rasa agar tidak berubah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Tips Memilih Hand Sanitizer Previous post Tips Memilih Hand Sanitizer
4 Makanan Kucing Persia Buatan Sendiri yang Kaya Nutrisi Next post 4 Makanan Kucing Persia Buatan Sendiri yang Kaya Nutrisi