Apa Itu CSV: Kunci Keberhasilan yang Harus Diterapkan

Apa Itu CSV: Kunci Keberhasilan yang Harus Diterapkan

Read Time:2 Minute, 6 Second

Cukup banyak kalangan yang bertanya tentang apa itu CSV, terutama berkaitan dengan pengelolaan perusahaan. Bisa dikatakan jika CSV merupakan konsep manajerial yang baru dan merupakan pengembangan dari konsep CSR yang sudah banyak dikenal sebelumnya.

Dalam hal ini, penerapan CSV nantinya dimaksudkan untuk mendorong perusahaan untuk melibatkan masyarakat sebagai pertimbangan pengelolaan dan upaya mendapatkan keuntungan bisnis. Artinya, di samping melakukan strategi bisnis untuk mendapatkan keuntungan, perusahaan nantinya juga diharuskan turut dalam pembangunan masyarakat.

Berkaitan dengan penerapan CSV, ada beberapa kunci keberhasilan yang perlu diketahui sebelumnya, terutama oleh manajemen perusahaan. Beberapa kunci keberhasilan CSV tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memulihkan produk dan pasar

Salah satu kunci keberhasilan CSV adalah pemulihan produk serta pasar. Dalam hal ini, penawaran produk serta layanan yang inovatif dan menciptakan pasar baru adalah apa yang harus dilakukan oleh manajemen perusahaan. Pasalnya, inovasi yang dilakukan menunjukkan jika perusahaan tersebut senantiasa bertumbuh.

Berkaitan dengan upaya pemulihan produk dan pasar, manajemen perusahaan harus melakukan beberapa hal. Melakukan identifikasi kebutuhan masyarakat, melakukan pengamatan apakah produk dan layanan inovasi yang dilakukan benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan lainnya adalah hal yang harus dilakukan.

  1. Pengembangan kluster lokal

Dalam pembahasan mengenai apa itu CSV sebelumnya dijelaskan bahwa konsep CSV dijalankan dengan peran serta dari masyarakat. Oleh karenanya, pengembangan kluster lokal adalah strategi penting yang perlu dilakukan oleh perusahaan guna menunjang keberhasilan CSV.

Dalam hal ini, ada semacam tanggung jawab dari perusahaan untuk turut berperan terkait pengembangan masyarakat. Dengan pelibatan masyarakat sekitar dalam kegiatan produksi ataupun menjadikan mereka sebagai pertimbangan produksi, konsep CSV nantinya bisa dijalankan dengan baik.

Tujuan dari pelibatan kluster lokal adalah untuk menjadikan bisnis yang cenderung lebih ramah. Selain itu, nantinya akan terjalin kesinambungan yang efeknya bisnis akan berjalan dengan lebih baik dalam jangka waktu yang panjang.

Kedua hal di atas hanya beberapa strategi saja yang bisa dijalankan agar konsep CSV bisa terlaksana dengan baik. Tentu saja, masih ada lebih banyak strategi lain yang perlu diketahui dan diterapkan. Tidak hanya itu, tentu, upaya penerapan CSV tersebut harus dibarengi dengan kesadaran sosial serta konsistensi tinggi.

Dengan adanya konsep CSV tersebut ada harapan bahwa nantinya perusahaan tidak hanya memiliki orientasi pada keuntungan semata melainkan juga dengan tanggung jawab sosial. Selain itu, konsep CSV juga diharapkan menjadi salah satu upaya untuk memberantas ketimpangan sosial di masyarakat dan juga meningkatkan daya dukung lingkungan hidup.

Demikian beberapa hal yang perlu diketahui terkait apa itu CSV dan juga hal yang perlu dilakukan untuk keberhasilannya. Tentu, program dan konsep CSV tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan dari setiap elemen yang memiliki kesadaran sosial tinggi. Semoga bermanfaat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Karakteristik Kopi Arabika yang Harus Diketahui Previous post Karakteristik Kopi Arabika yang Harus Diketahui
Macam Vitamin Untuk Orang Tua Agar Tetap Sehat Next post Macam Vitamin Untuk Orang Tua Agar Tetap Sehat