4 Tips Merawat Mesin Kopi Otomatis agar Tidak Cepat Rusak

4 Tips Merawat Mesin Kopi Otomatis agar Tidak Cepat Rusak

Read Time:2 Minute, 8 Second

Sebagai penikmat kopi, mempunyai mesin kopi sendiri akan memudahkan Anda saat ingin minum kopi di pagi hari atau saat suntuk setelah seharian bekerja di depan laptop. Namun, agar mesin kopi tersebut bisa tahan lama, Anda juga harus merawatnya dengan benar. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam merawat mesin kopi otomatis yang Anda miliki.

1. Atur Grinder Mesin Sesuai Biji Kopi yang Diolah

Grinder adalah bagian penting yang ada pada mesin kopi yang berguna untuk menggiling biji kopi. Supaya bisa menghasilkan kopi terbaik, Anda juga harus pandai dalam mengatur semua bagian yang ada pada mesin kopi yang Anda miliki.

Adapun cara mengatur grinder yang tepat seperti berikut: jika Anda menggunakan biji kopi bertekstur keras dan berwarna gelap, Anda bisa mengatur grinder ke mode keras. Hal ini bertujuan agar proses penggilingan berjalan lebih mudah.

2. Perhatikan Jumlah Bubuk Kopi yang Digunakan

Tips yang selanjutnya adalah perhatikan jumlah bubuk kopi yang ingin Anda gunakan. Usahakan untuk tidak memakainya terlalu banyak. Sebab, akan membuat air sulit mengalir dan juga proses ekstraksi akan lebih lama. Selain itu, volume air yang terlalu banyak juga akan membuat proses ekstraksi semakin lama dan rasa kopi menjadi lebih pahit.

3. Perhatikan Kualitas Air

Selain volume, kualitas air juga berpengaruh terhadap mesin kopi yang Anda miliki. Usahakan untuk memakai air yang sudah dimasak terlebih dahulu. Namun, jika Anda terpaksa menggunakan air kran, pastikan Anda sudah memfilternya terlebih dahulu.

4. Bersihkan Mesin Bean to Cup Secara Rutin

Selain melakukan perawatan melalui cara sederhana saat membuat kopi. Tips selanjutnya bisa Anda lakukan adalah membersihkan mesin kopi otomatis secara rutin. Dengan membersihkan mesin dari sisa kopi akan membuat kinerjanya tetap terjaga.

Lakukan pembersihan setelah Anda membuat 200 hingga 300 cangkir kopi. Bisa juga dengan membersihkannya tiap tiga minggu sekali. Untuk langkah-langkah membersihkannya sebagai berikut:

  • Setelah mesin dimatikan, lepas dan bilas tangki air. Selanjutnya isi tangki dengan air secukupnya.
  • Jika Anda menemukan kerak pada tangki air, bersihkan kerak tersebut.
  • Jika mesin kopi yang Anda miliki mempunyai fitur pembersih kerak otomatis, anda bisa mengaktifkannya. Setelah bersih, letakkan kembali tangki ke bagian dalam mesin.
  • Selain itu, Anda bisa membersihkannya dengan menyalakan mesin kopi dan membiarkan keraknya keluar sendiri melalui pipa. Namun, pastikan tangki air sudah terpasang di dalam mesin terlebih dahulu. Tampung kerak ke dalam wadah dan buang kerak tersebut. Lakukan cara ini berulang kali hingga semua kerak menghilang.

Untuk keberlangsungan mesin kopi otomatis yang Anda miliki. Lakukan tips perawatan di atas dengan baik. dengan menjaga kebersihan mesin kopi, kualitas rasa dari seduhan kopi yang dihasilkan juga akan terjaga meskipun usia mesin kopi yang Anda miliki sudah tua.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Manfaat dari Konsumsi Susu Tinggi Kalori Secara Rutin Previous post Manfaat dari Konsumsi Susu Tinggi Kalori Secara Rutin
5 Rekomendasi Susu Anak Terbaik dan Harga Bersahabat Next post 5 Rekomendasi Susu Anak Terbaik dan Harga Bersahabat