4 Ciri Pertumbuhan Anak yang Baik

4 Ciri Pertumbuhan Anak yang Baik

Read Time:2 Minute, 3 Second

Pertumbuhan si kecil harus diperhatikan dengan benar, tidak jarang beberapa orang tua mengkhawatirkan pertumbuhan anaknya. Kekhawatiran yang muncul biasanya seperti asupan gizinya apakah sudah cukup, tinggi badan apakah ideal, serta berat badannya juga ideal? Berikut ini adalah ciri pertumbuhan anak yang baik, sehingga tidak lagi memunculkan kekhawatiran.

1. Tinggi Badan

Ciri yang pertama bisa dilihat dari tinggi badan si kecil. Anda bisa melihatnya pada usia 1 tahun, normalnya tinggi badan si kecil adalah sekitar 60-70 centimeter (cm). Tinggi badan ini biasanya 50 persen dari panjang badannya saat baru lahir. Jadi, Anda bisa melihat bagaimana tinggi badan si kecil, jika sudah sesuai maka pertumbuhannya bisa dikatakan normal.

Anda bisa menggunakan meteran kain untuk melakukan pengukuran si kecil secara rutin. Jika anak Anda tidak sesuai, terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi, mungkin karena genetik atau memang pertumbuhannya yang terhambat. Anda bisa memeriksakannya, karena jika diabaikan bisa jadi anak mengalami stunting.

2. Berat Badan

Kedua, Anda bisa melihat pertumbuhan si kecil melalui berat badanya. Berat badan anak mulai sejak lahir hingga ia berusia 6 bulan akan mengalami pertumbuhan yang berkisar 150 sampai 200 gram per minggu. Pada saat usia 6 sampai 12 bulan, pertumbuhan berat badannya adalah 85 sampai 140 gram per minggu.

Jadi, sebagai orang tua Anda perlu melakukan pemantauan pertumbuhan berat badan secara berkala. Ketika anak sudah menginjak usia 1 tahun, biasanya berat badannya akan mengalami kenaikan tiga kali dari berat pada saat ia lahir. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah pertumbuhannya baik atau masih kurang.

3. Peningkatan dan Pertumbuhan Lingkar Kepala

Ciri pertumbuhan anak baik selanjutnya adalah dengan melihat dari lingkar kepalanya. Biasanya, pengecekkan ini dilakukan saat anak berusia 2 tahun. Ukuran yang normal untuk balita berusia 1 tahun akan mengalami kenaikan ukuran lingkar kepala sekitar 10 cm dibanding saat bayi baru lahir, yang memiliki ukuran 43 sampai 46.

4. Kontak Mata, Tersenyum dan Tertawa

Ciri selanjutnya untuk melihat pertumbuhan si kecil adalah dengan melihat respon kontak matanya, tertawa dan juga tersenyum. Maksud dari point ini adalah jika semua ekspresi tersebut bisa dilakukan, artinya si kecil memiliki respon yang baik terhadap lingkungan sekitar. Biasanya, bayi sudah bisa tersenyum pada saat berusia 3 bulan, dan pada 4 bulan sudah bisa tertawa.

Itulah tadi beberapa ciri pertumbuhan anak dalam kondisi yang baik. Beberapa ciri lainnya yang bisa dilihat adalah pada usia satu tahun anak sudah bisa berdiri, duduk dan berjalan dengan bantuan. Agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal, tentu sebagai orang tua harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin hariannya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Laptop Lenovo Touchscreen Previous post Kerennya Laptop Lenovo Touchscreen Harga di Atas Rp10 Juta
Aplikasi Konsultasi Dokter Gratis Diakses Oleh Siapa Saja Next post Aplikasi Konsultasi Dokter Gratis Diakses Oleh Siapa Saja