10 Masalah Kesehatan Penyebab Rambut Rontok

10 Masalah Kesehatan Penyebab Rambut Rontok

Read Time:2 Minute, 6 Second

Penyebab rambut rontok memang bermacam-macam dan bisa jadi tanda masalah kesehatan. Tingkat kerontokan rambut juga berbeda-beda. Ingin tahu apa penyebabnya? Simak ulasannya berikut ini!

Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Rambut Rontok

Umumnya, rambut rontok disebabkan karena stres & faktor keturunan. Tapi, ada juga beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan rontoknya rambut, yaitu seperti tertuang dalam artikel kecantikan ini:

  1. anemia

Anemia bisa menyebabkan rambut rontok. Tapi, beberapa dokter meyakini bahwa kerontokan lebih dikarenakan rendahnya zat besi. Yang jelas, penderita anemia beresiko lebih tinggi mengalami rambut rontok.

  1. tiroid

Kondisi ini terjadi saat kelenjar tiroid tak cukup menghasilkan atau terlalu banyak memproduksi hormon tertentu. Terganggunya produksi hormon inilah yang mempengaruhi perkembangan rambut dan mengakibatkan kerontokan.

  1. lupus

Lupus merupakan penyakit yang menyebabkan terbentuknya antibodi yang menyerang hampir seluruh jaringan tubuh. Gejala khasnya adalah peradangan di sekitar kulit kepala & folikel sehingga rambut mengalami kerontokan.

  1. Alopecia Areata

Ini merupakan kelainan kulit yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Biasanya, area botak tiba-tiba muncul & hanya mempengaruhi area tertentu.

  1. kanker

Kanker juga kerap dikaitkan dengan kerontokan rambut karena hampir semua penderita kanker mengalami kebotakan. Sebenarnya, pengobatannya lah yang membuat rambut rontok permanen. Pengobatan yang dimaksud adalah kemoterapi.

  1. Anagen Effluvium

Kondisi ini termasuk penyebab rambut rontok dalam jumlah besar & cepat. Bukan hanya rambut kepala, kondisi ini juga menyebabkan rontoknya rambut di bagian tubuh lain seperti bulu mata & alis. Penyebab anagen effluvium antara lain penyakit autoimun, infeksi jamur, radiasi, dan kemoterapi.

  1. Alopecia Traksi

Alopecia traksi juga menyebabkan rambut rontok sebab menarik rambut ke gaya rambut yang ketat sehingga rambut patah & lepas. Gaya rambut ini meliputi ekstensi, cornrows, kepang, dan kucir kuda.

  1. Kekurangan nutrisi

Rambut rontok juga bisa terjadi karena kekurangan nutrisi. Diet ekstrim yang terlalu rendah protein & vitamin tertentu justru bisa menyebabkan rambut rontok berlebih.

  1. Kurap kulit kepala

Kurap merupakan infeksi jamur yang bisa menyebabkan rambut rontok parah. Beberapa gejalanya adalah tambalan seperti cincin, mengeluarkan lepuh di kulit kepala, gatal & bercak merah di kulit kepala, serta bintik kecil yang membesar sehingga kulit bersisik & botak.

  1. Efek samping Pil KB

Kerontokan juga bisa terjadi karena efek samping dari Pil KB. Untuk itu, pilihlah Pil KB yang memiliki indeks androgen rendah sehingga resiko penyebab kerontokan rambut juga rendah. Ada beberapa Pil KB yang mengandung indeks androgen rendah seperti orto-siklus, orto-cept, dan desogen. Di sisi lain, beberapa contoh Pil KB dengan indeks androgen tinggi adalah Loestrin dan Ovral.

Itulah beberapa kondisi yang menyebabkan rambut rontok yang bisa kami jelaskan dalam artikel kecantikan ini. Jika penyebabnya berkaitan dengan masalah kesehatan, segera konsultasikan dengan dokter!

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Rekomendasi Sepatu Sneakers Pria Warna Putih Terbaik! Previous post Rekomendasi Sepatu Sneakers Pria Warna Putih Terbaik!
Dijamin Mudah! Resep Kopi Kekinian Cafe yang Bisa Dibuat di Rumah Next post Dijamin Mudah! Resep Kopi Kekinian Cafe yang Bisa Dibuat di Rumah